PENGERTIAN INTERFACE
Interface
atau dalam istilah Indonesianya Antar Muka dapat diartikan sebagai sebuah
titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia
juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda.
Dalam
hubungannya dengan perangkat lunak, interface dapat diartikan sebagai sarana
atau medium atau sistem operasi yang digunakan untuk menghubungkan antara
perangkat mikroprosesor agar dapat berkomunikasi dengan pengguna (user).
Sedangkan pada konteks perangkat keras interface berarti komponen elektronika
yang menghubungkan atau mengkomunikasikan prosesor dengan komponen atau
perangkat lain dalam suatu sistem.
Interface (antarmuka) adalah salah satu layanan yang disediakan
system operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan system operasi.
Antarmuka adalah komponen system operasi yang bersentuhan langsung dengan
pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan
Graphical User Interface (GUI).
CLI adalah tipe interface dimana sistem operasi yang
dipakai berupa text terminal yang berisi program atau perintah tertentu,
misalnya menggunakan Command Prompot pada microsoft windows. Sedangkan GUI
adalah bentuk komunikasi dengan menampilkan windows, seperti kotak dialog,
icon, menu dan sebagainya.
Interfacing (antar muka) adalah bagian dari disiplin ilmu
komputer yg mempelajari teknik-teknik menghubungkan komputer dengan peralatan
elektronika lainnya.
Antarmuka pemakai (User Interface)
merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka
pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan
memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur
penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
user interface, berfungsi untuk menginputkan
pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES),
menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara
menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap
suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan
dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan
kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu
diperlihatkan.
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem
operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi.
Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan
pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI)
danGraphical User Interface(GUI).
Secara harfiah kata interfacing adalah suatu perlakuan
atau usaha perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghubungkan antar muka
antara dua buah sistem. Sistem yang dihubungkan dapat berupa sistem integrasi
antar IC peripheral atau sistem integrasi rangkaian hybrid ataupun sistem yang
berbasis mikroprosesor atau computer.
interface adalah
sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda
bertemu, dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. Kata
interface kadangkala (biasanya dalam bidang teknik) disingkat menjadi
"i/f".
Bentuk
kerja dari interface berarti menghubungkan dua atau lebih benda pada suatu
titik atau batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan
tersebut.
Kata interface juga memiliki arti
khusus:
antarmuka
pengguna adalah fungsi dan atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi,
perangkat lunak, kendaraan, dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh
pengguna.
Dalam
elektronik dan teknik komputer, sebuah antarmuka dapat berarti: Batasan fisik
dari dua subsistem atau alat. Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa
subsistemyang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari subsistem lainnya:
antarmuka jaringan, antarmuka video, kartu network.
Dalam
telekomunikasi, sebuah titik interkoneksi antara pengguna peralatan terminal
dan fasilitas komunikasi komersial.
Dalam
teknik software, ia adalah sebuah spesifikasi dari properti sebuah komponen
software yang komponen lainnya dapat bergantung kepadanya.
Kesimpulan :
Interface adalah salah satu layanan yang
disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan
sistem operasi.
http://farihaalkaff.blogspot.com/2014/04/pengertian-interface.html
http://farihaalkaff.blogspot.com/2014/04/pengertian-interface.html
2. PROPERTIES PROGRAM
A. PENGERTIAN PROPERTIES PROGRAM
Properties program adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi pada object.
B. FUNGSI PROPERTIES PROGRAM
Properties program berfungsi untuk menentukan setting suatu object.
3. FLOWCHART PROGRAM
A. PENGERTIAN FLOWCHART
Flowchart adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (intruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.
B. JENIS-JENIS FLOWCHART
1. Flowchart Sistem
2. Flowchart Dokumen
3. Flowchart Program
4. Flowchart Proses
5. Flowchart Skematik
Pada gambar flowchart kalkulator diatas penjelasannya sebagai berikut:
1. User memulai (start) lalu menginputkan nilai A , karena tombol operasi di kalkulator banyak maka user memberikan perintah sesuai dengan apa yang user perlukan.
2. Jadi setelah user menginputkan nilai A user akan memelih operasi yang diperlukan misalkan operasi penjumlahan maka user akan menekan tombol plus (+).
3. Setelah user menekan tombol plus (+) maka user menginputkan nilai B dengan menekan tombol (angka yang di perlukan) pada kalkulator.
4. Setelah user menginputkan nilai B Maka user harus menekan tombol (=).
5. Nilai telah keluar.
6. Jika user akan menghapus makan tekan tombol (C) /clear.
7. Klik exit untuk keluar.
8. Finish
Note : Penjelasan di atas tentang operasi penjumlahan saja ( tombol +) untuk operasi lainnya seperti kurang,bagi,kali,sin,cos,tan,mr,mc,ms, sama saja cara penginputannya.
4. PROGRAM KALKULATOR
A. PENGERTIAN KALKULATOR
Kalkulator adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghitung dari perhitungan sederhana sampai dengan penghitungan rumus matematika.
B. FUNGSI KALKULATOR
1. Dapat digunakan untuk mengembangkan konsep.
2. Dapat mempermudah dalam pemecahan masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar